expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
<< Welcome in Blog'e Mas Eling , may add insight and experience on informatics techniques >>

Kamis, 18 September 2014

Tips Enjoy Masuk Dalam Dunia per-Kuliah-an

Siang sobat semua. kali ini Mas Eling akan membeberkan tipsnya,, ingat lho ya nie is secreet.. haha oke 11 Tipsnya ini dia cekidot...

1. Manfaatkan Masa Ospek Sebagai Ajang Cari Teman

Bagi Mahasiswa Baru atau Lama mungkin masa ini adalah masa yang sangat membosankan bukan, gmn enggak?? suruh bawa ini itu, disuruh aneh-aneh kayak cari kucing, cari semut, dll serta harus masuk pagi pulang petang oleh para panitia ospek. hehe jangan takut sobat, sebenernya kakak kegiatan ini punya banyak nialai positif kok, seperti kita bisa kenal dan kooperatif (kerjasama) secara otodidak dengan semua kawan-kawan maupun para senior, yah walaupun perkenalannya terpaksa sih.. haha
Ini penting, lho! Karena teman-teman yang sobat temukan di ospek inilah yang akan berjuang bareng sama sobat selama 4 tahun ke depan. Temukan teman yang cocok denganmu, yang bisa diajak hangout, memberikan efek positif, dan juga seru untuk berdiskusi tentang kuliah.

2. Jangan Malu Bertanya Pada Senior

Jika sobat ada yang kurang begitu memahami materi kuliah atau karakter dosen dalam memberikan memberikan nilai, apalagi dalam menghadapi dosen yang terkenal killer, maka jangan malu dikatain cari perhatian lah, sok deket lah.. hehe jika ada niat tulus tuk bertanya pasti dikasih solusi kok, dia kan lebih berpengalaman dalam persoalan tersebut. Kenal sama senior juga penting, lho, untuk membangun jaringan sobat yang akan berguna saat lulus nanti.

3. Perluas Lingkungan Pertemananmu

Teman-teman yang kita kenal dimasa kuliah pasti berguna kok dalam menjalani kuliah maupun lulus nanti, kayak ajang tuk sharing maupun diskusi, tugas kulia, urusan organisasi, cari kos-kosan yang murah tapi nyaman, bahkan kemungkian ada peluang pekerjaan sambil kuliah maupun kalau sudah lulus nanti. Jadi, jangan berteman dengan itu-itu aja, perluas pertemanan sobat.

4. Nggak Semua Buku Teks Perlu di Beli

Buku memang penting apalagi bahan materi ajar dosen, tapi sekarang kan zamannya ebook ngapain beli buku kalau ada yang ebook. itu sih jika dosen tidak merekomendasikan wajib beli, andai begitu ya cari aja di perpustakaan siapa tau ada dan bisa sobat pinjem, toh bakal dikembalikan kan. ingat lho! Harga buku-buku teks itu nggak murah. Sebelum sobat langsung membelinya (atau membajaknya di tempat fotokopian), lebih baik cari apakah buku itu tersedia online di Google Books. Memang, Google Books biasanya hanya akan menampilkan beberapa bab dari sebuah buku. Tapi dosen sobat juga sama: biasanya, yang akan digunakan dalam kelas hanya bagian-bagian tertentu dari buku itu.

Selain itu, sobat juga bisa patungan sama teman. Kalau sobat beli buku untuk mata kuliah A, temen sobat beli untuk mata kuliah B. Jadi kalian bisa saling pinjam. sobat juga bisa meminjam buku-buku lama milik senior, kan lebih ngirittt.. hehe

Kalau masih tetap ngotot beli semua buku, sobat yakin punya kemauan dan mampu untuk menghabiskan seluruh buku teks itu??

5. Atur Cermat Uang Bulanan

Sebagai mahasiswa, sobat akan dianggap sudah dewasa oleh orangtua sobat dan dituntut untuk lebih mandiri. Karena belum dapat menghasilkan uang sendiri, sobat masih akan diberi uang saku oleh orangtua, biasanya rutin setiap awal bulan. Uang bulanan tersebut akan menjadi biaya hidup sobat selama sebulan penuh dan usahakan jangan sampai sobat harus meminta uang tambahan.

Untuk menghindari minta uang tambahan, sobat harus cermat dalam menggunakan uang bulanan. Perhitungkan harus berapa kali sobat makan dalam sehari, klo mw ngiritt ya bisa puasa walau cuma senin/kamis,hehe terus harus beli kebutuhan apa aja untuk di kost, berapa budget untuk transportasi, dan lebih baik lagi kalau kamu bisa menabung.

Pikirkan juga budget sobat untuk main dengan teman-teman. Sosialisasi itu perlu, tapi jangan sampai akhir bulan merana, ya. merana.. merana.. merana.. (lagunya JUPE) wkwkwk

6. Jangan Malas!

Jadwal kuliah yang padat kadang memang membuat sobat capek dan malas. Belum lagi kalau kuliahnya super pagi. Rasanya sobat mau balik tidur aja kan.. hehe sama sob.

Jangan memanjakan rasa malas! Memang, sih, godaan titip presensi kepada teman memang menggoda. Tapi, belum tentu juga teman sobat punya kesempatan untuk itu. Bisa jadi, dosenlah yang akan mengecek presensi mahasiswa satu per satu. Kalau presensi sobat kurang dari ketentuan, sobat mungkin nggak bisa ikut ujian. Sia-sia, kan, kuliahmu 1 semester? mw mengulang??? haha pasti gak mw kan..

Yang terpenting lagi nih jangan malas juga untuk mengerjakan tugas. Selain bisa mengurangi beban dipikiran pasti juga bisa menambah nilai, dan kesan sobat di mata dosen juga akan baik.

7. Berusaha Dekat dengan Dosen

Dekat di sini bukan dalam konteks negatif, lho. Tapi, berusaha untuk dikenal dengan baik oleh dosen. Keuntungannya? Banyak! Selain sobat bisa diskusi mengenai materi kuliah, sobat juga bisa ikut proyek penelitian yang sedang dijalani sama dosenmu. Ikut proyek penelitian ini bisa menjadi pengalaman bekerja sobat dan tentunya kamu akan mendapat uang saku tambahan yang lumayan untuk memanjakan diri atau sekedar hangout dengan teman-teman. Oh, ya. Ilmu yang didapat dari ikut proyek penelitian juga sangat banyak dan berguna buat sobat.

Selain itu, dekat dengan dosen akan memudahkan sobat meminta surat rekomendasi kalau sobat mau mendaftar beasiswa ke luar negeri. Mau dong, menghabiskan 1-2 semester di luar negeri dengan biaya negara? pasti good.. good.. kan.

8. Eksplor Minat dan Bakat

Kuliah adalah saat yang tepat untuk sobat mengeksplor minat dan bakat sobat. Kalau di SMA dulu sobat ikut ekstrakurikuler tertentu, sobat bisa lanjutkan minat itu dengan ikutan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Di samping menyalurkan minat dan bakat, UKM juga bisa menjadi wadah sobat untuk memperluas pertemanan karena lingkupnya yang mencakup 1 universitas.

Selain ikut UKM, sobat juga bisa ikut organisasi-organisasi di dalam maupun luar kampus. Dengan bergabung dalam organisasi, sobat dapat mengasah jiwa kepemimpinanmu dan belajar untuk mengorganisir kegiatan kampus. Banyak juga lowongan kepanitiaan event di luar kampus yang bisa sobat ikuti, seperti panitia acara musik atau talent show, dll. Nggak ada salahnya untuk bergabung karena sobat akan dapat pengalaman yang luar biasa.

9. Pintar-Pintar Atur Waktu

Jadwal kuliah yang padat, latihan di UKM, rapat organisasi, main dengan teman-teman, dan sederet kegiatan lainnya lambat laun akan membuat sobat kewalahan. Nggak menutup kemungkinan, jadwal padat itu bisa memberikan efek kurang baik pada nilai kuliah.

Jadi sedari awal sobat sudah harus tahu mana yang menjadi prioritas utama. sobat harus tahu kegiatan mana yang wajib dan segera sobat lakukan terlebih dahulu. Atur waktu sebaik mungkin supaya kegiatan seimbang, dan tidak ada tugas atau kewajiban akademik yang keteteran. Tidak ada salahnya untuk membeli buku agenda untuk mencatat seluruh kegiatan sobat setiap harinya.. jadi semua aktifitas sobat bisa tertata dengan rapi gitu lho.. hehe

10. Ramahlah Kepada Siapa Saja

Ramah kepada teman? Sudah pasti. Ramah kepada senior? Ini juga harus. Ramah kepada dosen? Apalagi! Tapi yang ada di kampus nggak hanya mereka aja, lho. Masih ada pegawai akademik, petugas kebersihan, dan juga petugas keamanan. Bersikap ramah kepada mereka dapat memberikan kemudahan pada sobat. Saat sobat ada kesulitan dengan urusan administrasi kampus, pegawai akademik akan dengan senang hati membantu jika sobat bersikap ramah kepada mereka.

Begitu juga dengan petugas kebersihan dan keamanan. Saat sobat kehilangan barang di kampus, pasti mereka akan dengan senang hati membantu mencari barang tersebut. Nggak ada salahnya ramah kepada seluruh orang di kampus karena dengan adanya mereka, kehidupan kampus kita akan berjalan dengan lancar. Jadi seba ringan gitu deh sobat.. hehe

11. Cari Gebetan atau Pacar

Punya gebetan di kampus bisa bikin sobat semangat buat ke kampus, lho, hehehe. sobat nggak perlu cari yang benar-benar sobat suka untuk dijadiin gebetan. Cari aja sosok yang bisa bikin sobat kagum dan termotivasi untuk lebih rajin datang ke kampus. Syukur-syukur kalau sobat bisa akrab atau malah pacaran sama dia.

Tapi, jangan sampai hal ini mengganggu kuliah sobat, ya. Makanya sobat harus pintar-pintar pilih gebetan. ciyee tips yang ini mungkin bakal laku deh.. hahay


Sekian Tips dari ane ya sob, semoga tambah lancar kuliahnya dan cepat lulus dengan IPK rata-rata cumload ^_^.

1 komentar: