expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
<< Welcome in Blog'e Mas Eling , may add insight and experience on informatics techniques >>

Selasa, 09 September 2014

Apa sih Basis Data atau DataBase itu..??

Database is Knowledge, "Knowledge is of two kinds: we know subject ourselves, or we know where we can find information upon it". Samuel Johnson (1709-1784) ada yang tau artinya? silakan ditranslate sendiri yah sobat.. hehe

Basis Data atau biasa disebut DataBase, kebanyakan dari kita mungkin tidak asing dengan kata tersebut. Tapi jika suruh mendefinisikan apa sih basis data atau database, kalau masih bertanya-tanya yuk simak wawasan berikut ini ^_^.


A. Definisi BasisData :

Data adalah fakta mengenai objek, orang, benda, jenis, dll
sedangkan Basis berarti gudang atau tempat berkumpul.

B. Pengertian Database Menurut Para Ahli

Menurut Connolly (2010, p65), database adalah suatau kumpulan data yang saling berhubungan secara logis dan penjelasan tentang data yang terhubung tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan informasi yang diperlukan oleh organisasi.

Menurut George Tsu-der Chou basis data merupakan kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam aturan yang khusus.

Menurut Whitten dan Beently (2007, p548), database adalah kumpulan file yang saling terkait, database tidak hanya kumpulan file. Record pada setiap file harus memperbolehkan hubungan-hubungan untuk menyimpan file lain

Menurut Fabbri dan Schwab basis data adalah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan duplikasi data.

Menurut Ramez Elmasri mendefinisikan basis data lebih dibatasi pada arti implisit yang khusus, yaitu:
a. Basis data merupakan penyajian suatu aspek dari dunia nyata (real world).
b. Basis data merupakan kumpulan data dari berbagai sumber yang secara logika mempunyai arti implisit. Sehingga data yang terkumpul secara acak dan tanpa mempunyai arti, tidak dapat disebut basis data.
c. Basis data perlu dirancang, dibangun dan data dikumpulkan untuk suatu tujuan. Basis data dapat digunakan oleh beberapa user dan beberapa aplikasi yang sesuai dengan kepentingan user.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa database atau basis data merupakan data-data yang terkumpul menjadi satu dan mempunyai arti tersendiri serta masing-masing data mempunyai relasi atau hubungan dengan data yang lain sehingga bisa dijadikan informasi yang siap saji.

Seperti contoh, database Universitas misal objeknya : Dosen, Mahasiswa, Mata Kuliah, dll.
database Mahasiswa contoh objeknya misalnya : Nama, Nim, Fakultas, Jurusan, Alamat, dll.
contoh lain bisa dicari sendiri yah ^_^.


C. Tujuan pemanfaatan Basis Data diantaranya :

1. Speed yaitu Kecepatan dan kemudahan.
2. Space yaitu efisiensi ruang penyimpanan.
3. Accuracy yaitu keakuratan.
4. Availability yaitu ketersediaan.
5. Completeness yaitukelengkapan.
6. Security yaitu keamanan.
7. Sharability yaitu kebersamaan pemakaian.


D. Hirarki Data


Data diorganisasikan kedalam bentuk elemen data (field), rekaman (record), dan berkas (file). Definisinya adalah sebagai berikut:

Elemen data adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Misalnya data siswa terdiri dari NIS, Nama, Alamat, Telepon, Jenis Kelamin, tanggal lahir, dll.

Rekaman merupakan gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Istilah lain dari rekaman adalah baris atau tupel.

Berkas adalah himpunan seluruh rekaman yang bertipe sama.


E. Sistem Basis Data



Sistem Basis Data adalah Gabungan antara basis data dan perangkat lunak SMBD (Sistem Manajemen Basis Data) termasuk di dalamnya program aplikasi yang dibuat dan bekerja dalam satu sistem.

F. J. Date menyatakan bahwa sistem basis data dapat dianggap sebagai tempat untuk sekumpulan berkas data yang terkomputerisasi dengan tujuan untuk memelihara informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.


G. Data Base Management System (DBMS)

DBMS dapat didefinisikan sebagai program komputer yang digunakan untuk memasukkan, mengubah, menghapus, memodifikasi dan memperoleh data/informasi dengan praktis dan efisien.

Kelebihan dari DBMS yaitu :

1. Kepraktisan. DBMS menyediakan media penyimpan permanen yang berukuran kecil namun banyak menyimpan data jika dibandingkan dengan menggunakan kertas.
2. Kecepatan. Komputer dapat mencari dan menampilkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
3. Mengurangi kejemuan. Pekerjaan yang berulang-ulang dapat menimbulkan kebosanan bagi manusia, sedangkan mesin tidak merasakannya.
4. Update to date. Informasi yang tersedia selalu berubah dan akurat setiap.

Keuntungan dalam penggunaan DBMS yaitu :

a. Pemusatan kontrol data. Dengan satu DBMS di bawah kontrol satu orang atau kelompok dapat menjamin terpeliharanya standar kualitas data dan keamanan batas penggunaannya serta dapat menetralkan konflik yang terjadi dalam persyaratan data dan integritas data dapat terjaga.
b. Pemakaian data bersama (Shared Data). Informasi yang ada dalam basis data dapat digunakan lebih efektif dengan pemakaian beberapa user dengan kontrol data yang terjaga.
c. Data yang bebas (independent). Program aplikasi terpisah dengan data yang disimpan dalam komputer.
d. Kemudahan dalam pembuatan program aplikasi baru.
e. Pemakaian secara langsung. DBMS menyediakan interface yang memudahkan pengguna dalam mengolah data.
f. Data yang berlebihan dapat dikontrol. Data yang dimasukkan dapat terjadi kerangkapan (redudant), untuk itu DBMS berfungsi untuk menurunkan tingkat redudancy dan pengelolaan proses pembaruan data.
g. Pandangan pengguna (user view). Ada kemungkinan basis data yang diakses adalah sama, maka DBMS mampu mengatur interface yang berbeda dan disesuaikan dengan pemahaman tiap user terhadap basis data menurut kebutuhan.

Kelemahan DBMS antara lain:

a. Biaya. Kebutuhan untuk medapatkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat cukup mahal, termasuk biaya pemeliharaan dan sumber daya manusia yang mengelola basis data tersebut.
b. Sangat kompleks. Sistem basis data lebih kompleks dibandingkan dengan proses berkas, sehingga dapat mudah terjadinya kesalahan dan semakin sulit dalam pemeliharaan data.
c. Resiko data yang terpusat. Data yang terpusat dalam satu lokasi dapat beresiko kehilangan data selama proses aplikasi.


sumber :
- id.wikipedia.org
- [Ramez2000] Ramez Elmasri & Shamkant B Navathe. 2000. Database System.
- [Waliyanto2000]Waliyanto. 2000. Sistem Basis Data Analisis dan Pemodelan Data. J&J Learning.
Yogyakarta.
- Sistem Basis Data.pdf by Romli, S.Kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar