expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>
<< Welcome in Blog'e Mas Eling , may add insight and experience on informatics techniques >>

Kamis, 11 September 2014

Pengertian MySQL dan Sejarahnya

Sejarah MySQL

MySQL pada awalnya diciptakan pada tahun 1979, oleh Michael "Monty" Widenius, seorang programmer komputer asal Swedia. Monty mengembangkan sebuah sistem database sederhana yang dinamakan UNIREG yang menggunakan koneksi low-level ISAM database engine dengan indexing. Pada saat itu Monty bekerja pada perusahaan bernama TcX di Swedia.

TcX pada tahun 1994 mulai mengembangkan aplikasi berbasis web, dan berencana menggunakan UNIREG sebagai sistem database. Namun sayangnya, UNIREG dianggagap tidak cocok untuk database yang dinamis seperti web.


TcX kemudian mencoba mencari alternatif sistem database lainnya, salah satunya adalah mSQL (miniSQL). Namun mSQL versi 1 ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mendukung indexing, sehingga performanya tidak terlalu bagus.

Dengan tujuan memperbaiki performa mSQL, Monty mencoba menghubungi David Hughes (programmer yang mengembangkan mSQL) untuk menanyakan apakah ia tertarik mengembangkan sebuah konektor di mSQL yang dapat dihubungkan dengan UNIREG ISAM sehingga mendukung indexing. Namun saat itu Hughes menolak, dengan alasan sedang mengembangkan teknologi indexing yang independen untuk mSQL versi 2.

Dikarenakan penolakan tersebut, David Hughes, TcX (dan juga Monty) akhirnya memutuskan untuk merancang dan mengembangkan sendiri konsep sistem database baru. Sistem ini merupakan gabungan dari UNIREG dan mSQL (yang source codenya dapat bebas digunakan). Sehingga pada May 1995, sebuah RDBMS baru, yang dinamakan MySQL dirilis.

David Axmark dari Detron HB, rekanan TcX mengusulkan agar MySQL di ‘jual’ dengan model bisnis baru. Ia mengusulkan agar MySQL dikembangkan dan dirilis dengan gratis. Pendapatan perusahaan selanjutnya di dapat dari menjual jasa “support” untuk perusahaan yang ingin mengimplementasikan MySQL. Konsep bisnis ini sekarang dikenal dengan istilah Open Source.

Pada tahun 1995 itu juga, TcX berubah nama menjadi MySQL AB, dengan Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson sebagai pendirinya. Titel “AB” dibelakang MySQL, adalah singkatan dari “Aktiebolag”, istilah PT (Perseroan Terbatas) bagi perusahaan Swedia.

Pengertian MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). MySQL dibuah oleh TcX dan telah dipercaya mengelola system dengan 40 buah database berisi 10.000 tabel dan 500 di antaranya memiliki 7 juta baris.

Elemen SQL

Elemen dari SQL yang paling dasar antara lain pernyataan, nama, tipe data, ekspresi, konstanta dan fungsi bawaan.

1. Pernyataan
Perintah dari SQL yang digunakan untuk meminta sebuah tindakan kepada DBMS.

Pernyataan dasar SQL antara lain :

ALTER : Merubah struktur tabel
COMMIT : Mengakhiri eksekusi transaksi
CREATE : Membuat tabel, indeks
DELETE : Menghapus baris pada sebuah tabel
DROP : Menghapus tabel, indeks
GRANT : Menugaskan hak terhadap basis data kepada user
INSERT : Menambah baris pada tabel
REVOKE : Membatalkan hak kepada basis data
ROLLBACK : Mengembalikan pada keadaan semula apabila transaksi gagal dilaksanakan
SELECT : Memilih baris dan kolom pada sebuah tabel
UPDATE : Mengubah value pada baris sebuah tabel

2. Nama
Nama digunakan sebagai identitas, yaitu identitas bagi objek pada DBMS. Misal : tabel, kolom dan pengguna.

Tipe data
Tipe data yang ada dalam MYSQL :

1. Tipe data numerik antara lain :

TINYINT : Nilai integer yang sangat kecil
SMALLINT : Nilai integer yang kecil
MEDIUMINT : Nilai integer yang sedang
INT : Nilai integer dengan nilai standar
BEGINT : Nilai integer dengan nilai besar
FLOAT : Bilangan decimal dengan single-precission
DOUBLE : Bilangan decimal dengan double-precission
DECIMAL(M,D) : Bilangan float yang dinyatakan sebagai string. M : jumlah digit yang disimpan, D : jumlah angka dibelakang koma

2. Tipe data String antara lain :

CHAR : Karakter yang memiliki panjang tetap yaitu sebanyak n
VARCHAR : Karakter yang memiliki panjang tidak tetap yaitu maksimum n
TINYBLOB : BLOB dengan ukuran sangat kecil
BLOB : BLOB yang memiliki ukuran kecil
MEDIUMBLOB : BLOB yang memiliki ukuran sedang
LONGBLOB : BLOB yang memiliki ukuran besar
TINYTEXT : teks dengan ukuran sangat kecil
TEXT : teks yang memiliki ukuran kecil
MEDIUMTEXT : teks yang memiliki ukuran sedang
LONGTEXT : teks yang memiliki ukuran besar
ENUM : kolom diisi dengan satu member enumerasi
SET : Kolom dapat diisi dengan beberapa nilai anggota himpunan

3. Tipe data tunggal dan jam :


DATE : date memiliki format tahun-bulan-tanggal
TIME : time memiliki format jam-menit-detik
DATETIME : gabungan dari format date dan time

Ekspresi

Ekspresi digunakan untuk menghasilkan/menghitung nilai.

Misalnya : jumlah=harga-diskon

Ekspresi aritmatika antara lain :

+ : tambah
– : kurang
/ : bagi
* : kali

Konstanta
Nilai yang tetap

Fungsi bawaan
Fungsi adalah subprogram yang dapat menghasilkan suatu nilai apabila fungsi tersebut dipanggil. Fungsi Agregat adalah fungsi yang digunakan untuk melakukan summary, statistik yang dilakukan pada suatu tabel/query.

AVG(ekspresi) : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dalam kolom dari tabel.
COUNT(x) : digunakan untuk menghitung jumlah baris dari sebuah kolom dari tabel
MAX(ekspresi) : digunakan untuk mencari nilai yang paling besar dari suatu kolom dari tabel
MIN(ekspresi) : digunakan untuk mencari nilai yang paling kecil dari suatu kolom dari tabel
SUM(ekspresi) : digunakan untuk mengitung jumlah keseluruhan dari suatu kolom dari tabel

Keistimewaan MySQL

MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :

Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
'Performance tuning', MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

Penggunaan

MySQL sangat populer dalam aplikasi web seperti MediaWiki (perangkat lunak yang dipakai Wikipedia dan proyek-proyek sejenis) dan PHP-Nuke dan berfungsi sebagai komponen basis data dalam LAMP. Popularitas sebagai aplikasi web dikarenakan kedekatannya dengan popularitas PHP, sehingga seringkali disebut sebagai Dynamic Duo.

sekian dari ane,, smg tambah wawasan..
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/MySQL
http://upyes.wordpress.com/2013/02/06/pengertian-dan-sejarah-mysql/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar